CAMPUS THE RESUMEE

Minggu, 23 Oktober 2011

TEKNIK DOKUMENTASI APLIKASI


Resume 3
Mata kuliah : Teknik Dokumentasi Aplikasi
Dosen :
Ayuningtyas, S.Kom.,M.MT.,- MOS


Tipe - Tipe Buku
  • Introductory manuals
  • Training manual
  • Reference manual
  • User manual

Kualitas dalam teknis publikasi
  • Kualitas dalam teknik publikasi adalah relatif
  • Kualitas dalam teknik publikasi tergantung pada persepsi seorang pengguna (pembaca)
  • Kesesuaian dengan persyaratan (Crosby, 1979)

Keuntungan dalam  teknis dokumentasi :
  • Memberikan nilai yang berkualitas dalam membuat buku
  • Membuat suatu informasi menjadi lebih mudah diakses
  • Membuat customer lebih produktif
  • Mengurangi biaya pelatihan dalam melatih pengguna / pembaca buku
  • Menurunkan hambatan bagi pengguna
  • Lebih cepat digunakan oleh komunitas pengguna yang bermacam - macam
  • Mengurangi biaya dukungan pelanggan
  • Mengurangi biaya pemeliharaan
  • Dapat meningkatkan penjualan produk
Untuk mengetahui teknis publikasi yang berkualitas maka perlu diadakan suatu bimbingan yang bertujuan untuk :
  • Meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM dibidang publikasi
  • Agar setiap individu mengerti konsep layout desain dan konsep komunikasi visual 
  • Dan setiap individu dapat mewujudkannya melalui peralatan teknologi informasi
Untuk menghasilkan bahan publikasi yang menarik, eye catching, informatif, tepat dan akurat untuk dapat disebarluaskan kepada masyarakat umum diperlukan SDM yang memiliki kemampuan yang baik di bidang publikasi.

Sumber :
Link

6 langkah dalam proses menulis :
  • Analisa pembaca : Mengetahui dan menganalisa siapa yang akan membaca buku kita sangatlah penting, hal ini dikarenakan agar buku yang telah dibuat tidak salah sasaran.
  • Membuat ringkasan : Agar para pembaca mengetahui definisi awal atau ringkasan dari buku maka perlu ditambahkan untuk menarik minat para pembaca.
  • Mebuat rincian : Setelah ringkasan dapat membuat tertarik para pembaca, tentu saja di dalam buku harus dibuatkan pendefinisian secara rinci mengenai materi yang dibawakan.
  • Memilih gaya dan format yang akan digunakan : Gaya penulisan dan format penulisan perlu diperhatikan agar tidak membuat pembaca merasa bosan dengan isi buku dan juga agar pembaca tertarik untuk membaca buku.
  • Menulis buku manual : Setelah semua bahan di atas dipersiapkan, maka sekarang waktunya untuk menulis bukunya berdasarkan konsep - konsep di atas.
  • Mencoba buku manual : Jika buku sudah dibuat, kini waktunya untuk melakukan percobaan kepada para pembaca.

4 macam buku manual yang berguna bagi pengguna aplikasi / software
  • Pengantar panduan : Berguna sebagai gambaran awal atau pengantar dari software / aplikasi yang dimaksud, mendeskripsikan fitur - fitur dari produk, dan menjelaskan keuntungan bila memakai produk tersebut. Contoh Introduction manual : Link download
  • Panduan pelatihan : Untuk membantu pengguna apa yang harus mereka lakukan, menjelaskan bahwa apa yang mereka lakukan itu sudah benar, dan memberikan pengguna rasa percaya diri dalam menjalankan produk tersebut. Contoh training manual : Link
  • Panduan user : Untuk mengenalakan seluruh kemampuan dari sistem yang dibuat, mengetahui bagaimana caranya menggunakan produk ini seperti apa yang mereka inginkan, dan menunjukkan bagaimana mencapai hasil dengan menggunakan produk ini. Contoh user manual : Link download
  • Panduan referensi : Memberikan pengetahuan lebih dari produk yang dibuat dan tambahan informasi jika pengguna ingin belajar lebih jauh dari produk ini dan hal apapun yang berhubungan dengan produk ini. Contoh reference manual : Link

Rabu, 12 Oktober 2011

PERILAKU DALAM BERORGANISASI


Resume Pertemuan 4
Motivasi
French and Raven :
– Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk menunjukkan perilaku tertentu. Motivation is the set of forces
that cause people to behave in certain ways.
• Greeberg & Baron (1997):
– Motivation as a set of process that arouse, direct, and maintain human behavior toward attaining some goal



Apa yg kita hadapi?
• Situasi masalah (problem situation)=>adanyarintangan untuk mencapai tujuan
• Situasi pilihan (choice situation) => situasikonflik_adanya alternatif tindakan atau keputusan
• Setiap keputusan mengarah ke tercapainya tujuan
• Keputusan mana yg paling bermanfaat?_upaya pemenuhan kebutuhan
Tiga Komponen Motivasi
• Arousal, sesuatu yang membangkitkan drive/dorongan
• Direct, arah tindakan yang akan diambil
• Maintenance, seberapa lama seseorang akan bertahan untuk mencapai tujuannya Motivasi itu tidak terlihat/abstrak
• Motivasi merupakan sesuatu yang multifaced (beberapa motif yang bekerja dalam satu waktu)
Beberapa Pendekatan Mengenai Motivasi
• pendekatan tradisional atau dikenal sebagai traditional model of motivation theory,
• pendekatan relasi manusia atau human relation model
• pendekatan sumber daya manusia atau human resources model.
Kebutuhan Berprestasi
• 4 karakteristik :
– Memiliki keinginan yg kuat utk bertanggung jawab
– Cenderung membuat tujuan dengan tingkat kesulitan yg sedang dan memperhitungkan resiko
– Memiliki keinginan yg kuat utk mendapatkan umpan balik
– Fokus pada penyelesaian tugas

PERILAKU DALAM BERORGANISASI


Pertemuan 3


Nilai, Sikap dan Kepuasan Kerja 

Setelah mempelajari materi pertemuan 3 diharapkan agar mahasiswa memahami pentingnya nilai dan sikap individu dalam mempengaruhi kepuasan kerja.
• Pokok bahasan:
– Nilai
– Sikap
– Kepuasan Kerja

Sistem nilai adalah susunan peringkatnilai-nilai individu menurut kepentingannya.
_ Sumber:
_ Genetik (bawaan)
_ Budaya nasional
_ Lingkungan (keluarga, sekolah, teman)

6 Tipe Nilai (menurut Allport and Associate (dalam Robbins, 1993))
Theoritical : nilai yg mengutamakan
penemuan/pencarian kebenaran melalui pendekatan rasional dan kritikal
Economic : nilai yg menekankan
kegunaan dan kepraktisan
Aesthetic : nilai yg mengagungkan
bentuk dan keharmonisan
Social : nilai yg menekankan kecintaan thdp
orang-orang
Political : nilai yg menitikberatkan pd
kekuasaan dan pengaruh
Religious : nilai yg berkaitan dg pengalaman dan pemahaman yg sama ttg alam semesta

Sikap/Attitude
• Pernyataan/pertimbangan evaluatif (baik yang
diinginkan atau yang tidak) mengenai objek, orang, atau peristiwa
• Mencerminkan bagaimana seseorang merasakan sesuatu
• Bersumber dari : lingkungan
• Sifat: relatif /dapat berubah

Kepuasan Kerja
• Sikap individu secara umum thdp
pekerjaannya
• Seperangkat perasaan pegawai ttg menyenangkan/tidaknya pekerjaan mereka
• Hasil akhir yg komplek dr berbagai macam unsur pekerjaan, yaitu orang, peraturan, organisasi, serta lingkungan

Pengaruh kepuasan kerja
• Produktivitas : hub tdk konsisten Produktivitas juga ditentukan oleh
(1) mekanisme pasar,
(2) kemampuan mesin
• Absen
ada korelasi negatif antara kepuasan kerja dg tingkat absen
• Turnover.
ada korelasi negatif antara kepuasan kerja dg turnover (korelasinya lebih kuat dr absen)

Ungkapan ketidakpuasan karyawan
• exit (keluar)
yaitu ketidakpuasan yg diungkapkan lewat perilaku yg diarahkan meninggalkan organisasi
• voice (bersuara)
yaitu ketidak puasan yg diungkapkan lewat usaha aktif dan konstruktif utk memperbaiki kondisi
• loyalty (kesetiaan)
yaitu tetap setia bertahan dalam organisasi tetapi bersikap pasif sambil menunggu kondisi membaik
• neglect (lalai)
yaitu ketidak puasan yg dinyatakan dg mem-biarkan kondisi memburuk

PERILAKU DALAM BERORGANISASI

Resume Pertemuan 2
Dosen : Sri Suhandiah,SS,MM


Ø Karakteristik Biografik
· Yaitu sifat pribadi tiap individu yg obyektif dan mudah diperoleh dari catatan pribadi individu. (Usia, Jenis  Kelamin, Status Perkawinan, jumlah tanggungan, masa kerja, dll)
· Dalam organisasi, dikaitkan dengan kinerja dan kepuasan kerja.

Ø Usia
· Usia bertambah, kinerja menurun
· Jumlah tenaga kerja usia lanjut meningkat
· Semakin tua usia seseorang, kemungkinan turn over kecil
· Usia berbanding terbalik dengan ketidakhadiran
· Usia dan kepuasan kerja berasosiasi positif

Ø Jenis Kelamin

· Perbedaan gender tidak selalu mempengaruhi kinerja
· Perbedaan gender tidak mempengaruhi kepuasan kerja individu
· Perbedaan gender tidak mempengaruhi turn over
· Tingkat absensi perempuan lebih tinggi

Ø Kelengkapan Kepribadian
· Locus of Control > tingkat kepercayaan akan nasibnya
o Internal: percaya bhw nasibnya ditentukan oleh dirinya sendiri
o Eksternal: percaya bhw kekuatan luar (keberuntungan, kesempatan) akan mengontrol nasibnya
· Orientasi Pencapaian -> need of achieve nAch berkorelasi positif dengan kinerja
· Authorianism > aliran yg menyetujui adanya perbedaan status dan kekuasaan diantara orang di dalam suatu organisasi
· Berpengaruh positif dan negatif (tergantung situasi kerjanya)
· Machiavellianisme
· yaitu derajad sejauh mana seseorang individu bersifat pragmatis, menjaga jarak emosional, dan meyakini bahwa tujuan dpt membenarkan cara
· orang dg Mach yg tinggi cenderung pragmatis, tdk emosional, dan cocok utk suatu pekerjaan dg kecakapan bargaining (negosiasi)
· Pemantauan diri (self monitoring) > sifat individu utk mengukur kemampuan diri dlm menyesuaikan perilakunya dg faktor-faktor situasional eksternal
· pemantauan diri yg tinggi akan lebih mudah mengadaptasi perilakunya thdp situasi yg berbeda
· Pengambilan resiko (risk taking) > orang yg memiliki tingkat pengambilan resiko tinggi akan lebih cepat dlm memberikan keputusan

Ø Persepsi

Ø Faktor-faktor Persepsi
1. Perceiver (orang yang merasakan)
· kesan yg ditangkap oleh indra, yg dipengaruhi oleh karakter pribadi seperti: sikap, motif, minat, pengalaman masa lalu, dan harapan yaitu proses dimana seseorang mengorganisasi dan menginterpretasi sensor/kesan yg ditangkapnya utk mengartikan lingkungan
· perilaku orang didasari oleh persepsi mereka thdp sesuatu, bukan pd kenyataan yg terjadi
2. Target (sasaran)
karakteristik sasaran yang diamati dapat mempengaruhi persepsi seseorang
3. Situasi
elemen-elemen di sekitar sasaran, seperti: waktu, situasi kerja, situasi sosial

Ø Persepsi Terhadap Orang Lain
1. Selective Perception > individu cenderung akan berpersepsi thdp org lain sesuai minat, latar belakang, dan pengalaman pribadinya
2. Halo Effect > dlm mengambil kesimpulan ttg org lain cenderung hanya memperhatikan satu karakteristiknya saja
3. Contrast effect > individu dlm mengevaluasi karakteristik seseorang cenderung membandingkan dg org lain yg ditemui sebelumnya
4. Projection > individu menempatkan karakteristik pribadinya pd diri org lain yg hendak dinilainya
5. Stereotyping > individu cenderung menilai karakteristik seseorang berdasarkan karakteristik kelompok asalnya

Ø Proses Belajar
· Suatu tindakan untuk mencapai perubahan yang relatif permanen dan perilaku individu, sebagai akibat dari pengalaman
· Teori Social Learning:
o Perilaku merupakan fungsi konsekuensi
o Tahapan:
· Attentional process
· Retention process
· Motor reproduction process
· Reinforcement process

Ø Social Learning Proce
Attentional process (proses pemerhatian) > orang hanya belajar dari sesuakenal/menarik perhatian
2. Retention process (proses pengingatan) > orang belajar dari model dan seberapa ingat akan model
3. Motor reproduction process (proses peniruan) > menirukan perilaku yang ingin dipelajarinya
4. Reinforcement process (proses penguatan) > individu dimotivasi untuk berperilaku tertentu

blog ini baru di buat oleh Eko hariadi. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Apakah Blog saya ini sdh memenuhi syrat .....??

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites