CAMPUS THE RESUMEE

Senin, 03 Oktober 2011

PEMPROGRAMAN WEB

Resume 1
Dosen :  Kurniawan Jatmika,S.KO.

 

 PEMROGRAMAN WEB   

Tugas  Rangkuman tentang :
  • Ø  HTML
  • Ø  CSS
  • Ø  Scripting/javas crip
1.      Definisi
2.       Sejarahnya sampai sekarang
Jawaban :
v  Hypertext Markup Language ( HTML )
Adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis atau mengedit sebuah halaman web yang menggunakan protocol HTTP (Hypertext  transfer  protocol ) yang menghasilkan informasi yang berguna bagi pengakses halaman web.
Simbol Markup yang digunakan oleh HTML di tandai dengan tanda lebih kecil  ( < ) dan tanda lebih besar (>) di sebut dengan tag.

Sejarah HTML :
·         HTML di buat oleh Tim Berner Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan di populerkan pertama kali oleh Browser Mosaic.
·         Selama awal tahun 1990 HTML alami berkembang  sangat pesat yang mana menambahkan kemampuan  & fasilitas lebih baik dari versi sebelumnya.
·         HTML 2 secara resmi di keluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering  Task Force).HTML  2 ini merupakan penyempurnaan dari HTML (1993).
·         HTML 3 (1995) beri kemampuan lebih dari pada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari Word Wide Web Consortium HTML working Group pada tahun 1996 hasilkan HTML 3.2 HTML ini secara resmi di terbitkan bulan Januari 1997.
·         HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang di keluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April  1998.HTML 4.01 merupakan perbaikan dari versi HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan (18 Desember 1997).

v  Cascading style sheet ( CSS )
Adalah fungsi tambahan dalam kode HTML untuk menciptakan suatu kumpulan style yang terkadang dapat digunakan untuk memperluas kemampuan HTML.Sebagai contoh Kode HTML murni tidak memungkinkan untuk gunakan sebuah definisi font yang di terapkan pa,da setiap sel dan bahkan tag <BASEFONT> berpengaruh pada sel – sel table.Namun ,dengan gunakan CSS hanya perlu definisi style sekali saja dan style akan berlaku untuk setiap sel dalam table.
CSS merupakan juga sebuah perintah yang mampu berjalan diantara tag HTML dengan CSS dapat membuat sebuah format tamplate pada setiap halaman web dengan mudah dan dinamis.

Sejarah CSS :
§  CSS pertama kali dikembangkan tahun 1996. Dimana Word Wide Web Consortium.
Setelah pembuatan proposal diterima .proyek berjalan pembuatan CSS:
§  Hingga muncul CSS level 1 diterbitkan tahun 1996
§  Hingga muncul CSS level 2 diterbitkan tahun 1998
§  Hingga munculnya CSS level 3 diterbitkan  sampai sekarang tapi masih tahap perkembangan.

v  Java Scrip
Adalah bahasa scrip yang ditempelkan pada kode HTML dan diproses pada sisi client. Dengan adanya bahasa , kemampuan document HTML jadi lebih luas.Sebagai contoh, dengan gunakan java script dimungkinkan untuk validasi masukan-masukan pada formulir sebelum formulir di kirim ke server . selain itu dengan mengenggunakan java script di mungkinkan untuk implementasi permainan interaktif seperti  tic tac toe.
Sejarah java script:
§  Asal mula nama java script adalah Live script. Dikembangkan pertama kali pada tahun 1995 di Netscape Comunications. Pada akhir tahun 1995 ,Netscape Comunications & sun Microsystems berkaloborasi dan di ubah nama Live script jadi java script. Bahasa ini di kenali pada browser Netscape Navigator mulai  versi di atas 2.0 .Microsoft juga melengkapi internet explorer dengan java script mulai versi 3.0 ke atas.
Sumber:
§  Purwanto,Yudhi.2001.Pemrograman web dengan PHP.PT elex Media Komputinal
§  Kodir,Abdul.2003.Pemrograman web mencakup : HTML,CSS,java Script & PHP.andi Offset


Scan tanda Tangan Dosen Mk. Pemrograman Webs:
                                     Lampiran:
 

0 komentar:

Posting Komentar

blog ini baru di buat oleh Eko hariadi. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Apakah Blog saya ini sdh memenuhi syrat .....??

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites