Resume Pertemuan 8
Dosen : Sri Suhandiah,SS,MM
Dosen : Sri Suhandiah,SS,MM
DASAR-DASAR STRUKTUR DAN RANCANGAN ORGANISASI
DASAR-DASAR STRUKTUR ORGANISASI
Pengertian Struktur Organisasi
1. kelengkapan organisasi à untuk koordinasi dan kontrol kegiatan yg dilakukan anggota organisasi tsb.
2. bagaiman tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasi secara formal
Struktur suatu organisasi mencakup 3 komponen:
1. Kompleksitas
terkait kekomplekan pemisahan / pembedaan kegiatan dlm organisasi, meliputi:
- pembedaan horisontal, berdasarkan unit-unit dlm suatu organisasi
- pembedaan vertikal, berdasarkan tingkatan hirarki dlm organisasi
- pembedaan spasial, berdasarkan letak geografis organisasi
2. Formalizes
terkait standarisasi pekerjaan dlm organisasi, hal ini berkaitan dg adanya aturan / prosedur formal dlm pelaksanaannya
3. Sentralisasi
terkaitt konsentrasi pengambilan keputusan oleh top manajemen dalam organisasi
RANCANGAN ORGANISASI
1. Struktur mekanistik
Struktur yg cirinya:
- departemenalisasi yg ekstensif (kompleks)
- formalisasi tinggi
- jaringan informasi terbatas
- sentralisasi
2. Struktur organik
Struktur yg cirinya:
- struktur yg datar
- menggunakan tim silang hirarkhis dan silang fungsional
- kompleksitas rendah
- formalisasi rendah
- jaringan komunikasi luas
- mengandalkan pengambilan keputusan partisipatif
- desentralisasi
Pembedaan rancangan struktur organisasi tergantung:
- strategi
- ukuran organisasi
- teknologi
TEORI RANCANGAN ORGANISASI
Kaitan antara karakter produksi dg struktur organisasi (Joan Woodward)
1. Produksi unit
- produksi berdasarkan pesanan
- pembedaan vertikal dan horisontal rendah
- formalisasi rendah
lebih sesuai utk organisasi dg rancangan struktur organik
2. Produksi massa
- produksi dlm jml besar
- kompleksitas & formalisasi tinggi
- lebih sesuai utk organisasi dg rancangan struktur mekanik
3. Produksi proses
- produksi yg membutuhkan proses berkelanjutan
- pembedaan vertikal tinggi
- pembedaan horisontal rendah
- formalisasi rendah
lebih sesuai diterapkan pd organisasi yg memiliki rancangan struktur organik
Efektifitas organisasi (menurut Joan Woodward)
kesesuaian antara teknologi dan struktur
Hub antara perbedaan lingk dg struktur organisasi yg efektif, dg menentukan 2 dimensi struktur (Lawrence and Lorsch)
1. Diferensiasi
tkt perbedaan tuj & orientasi nilai antar individu yg berada pd bag fungsional yg berbeda pula
2. Integrasi
tkt kesatuan usaha dr seluruh individu yg berada pd bag fungsional yg berbeda, shg memerlukan suatu mekanisme yg efektif utk melakukan koordinasi antar bag
Teori ini menyatakan
Organisasi dg lingk yg relatif berubah-ubah memerlukan
- diferensiasi yg tinggi
- memerlukan banyak bag fungsional
- peran pekerjaan
- spesialisasi pola pemikiran yg berbeda-beda Organisasi dg lingk yg relatif stabil
- kurang membutuhkan diferensiasi yg tinggi
- cenderung lebih hirarkis dan terpusat
- sistem terbuka & komunikasi horisontal tdk dibutuhkan
Organisasi Matrik
Suatu organisasi yg memiliki 2 garis komando/otoritas utk mengarahkan angota-anggotanya
Bentuk organisasi ini
- diterapkan dlm proyek besar yg khusus
- memerlukan sejumlah besar karyawan teknis dg keterampilan yg berbeda
- terjadi pemisahan beberapa aktivitas organisasi menjadi beberapa sub-aktivitas/proyek
- dlm pelaksanaannya dpt menimbulkan ambiguiti tugas krn:
- terkadang seseorang akan berperan ganda
- sering merasa putus asa
Keunggulan struktur matrik
- memungkinkan perencanaan & pengendalian batas waktu penyelesaian
- lebih terbuka & luwes shg lebih mudah dlm menangani perubahan pd proyek
- ada pelimpahan wewenang
- tdk memberlakukan sistem peringkat shg dpt
ü meningkatkan komunikasi & hub langsung meningkatkan motivasi karyawan
Departementalisasi berdasarkan Matriks
0 komentar:
Posting Komentar