CAMPUS THE RESUMEE

Minggu, 02 Oktober 2011

SISTEM INFORMASI TERPADU

Resume pertemuan  4

Dosen : Panca Rahardiyanto,S.Kom.,M.MT.


 

Aktivitas-Aktivitas Logistik



1. PELAYANAN PELANGGAN (CUSTOMER SERVICE) :
Definisi :
•Adalah suatu proses yang berlangsung diantara pembeli, penjual, dan pihak ketiga yang menghasilkan nilai tambah untuk pertukaran produk atau jasa dalam jangka waktu pendek (misal, transaksi tunggal) maupun dalam jangka waktu panjang (misal, hubungan berdasarkan kontrak).

Elemen-Elemen Customer Service:
Menurut Bernard J. La Londe dan paul Zinszer, ada 3 elemen :
1.Elemen Pratransaksi (Pretransaction Elements)
2.Elemen Transaksi (Transaction Elements)
3.Elemen Post-Transaksi (Posttransaction Elements)

Elemen Pratransaksi (Pretransaction Elements)
•Bersifat non-rutin
•Berhubungan dengan kebijakan manajemen.
•Tidak langsung berhubungan dengan logistik, tetapi berhubungan dengan penjualan

Elemen-elemen spesifik dari pratransaksi Customer Service ini adalah :
•Pernyataan tertulis tentang kebijakan Customer Service yang berdasarkan pada kebutuhan pelanggan, ketetapan standar pelayanan, dsb.
•Pelanggan menerima pernyataan kebijakan service, dimana pernyataan tersebut harus memberikan informasi bagaimana berhubungan dengan perusahaan, jika tingkat kinerja tidak tercapai

Struktur organisasi, meskipun tidak ada struktur organisasi yang paling cocok agar dapat berhasil dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan semua pelanggan, struktur yang terpilih tersebut seharusnya memudahkan komunikasi dan kerjasama antara fungsi-fungsi yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan pelayanan pelanggan.
•Sistem fleksibilitas untuk menanggapi secara efektif kejadian yang tidak terencana, seperti bencana alam, kekurangan bahan mentah atau energi, pemogokan, dsb.
•Manajemen pelayanan, seperti pelatihan dan seminar yang dirancang untuk membantu untuk memperbaiki pelayanan kepada pelanggan.

2. Ramalan Permintaan (DEMAND FORECASTING )
Untuk mengetahui kesempatan-kesempatan (opportunities) yang terbuka bagi perusahaan, serta apa yang harus dilakukan oleh perusahaan di masa datang, maka perusahaan perlu mengetahui keadaan di masa depan, khususnya permintaan atau kebutuhan.
•Dengan adanya gambaran tentang keadaan permintaan atau kebutuhan di masa depan, maka perusahaan dapat menyusun rencana-rencana kegiatan yang harus dilakukan dengan lebih baik dan menghindarkan dari kegiatan yang dapat menimbulkan kerugian atau kekeliruan di masa depan
3. Manajemen Persediaan (INVENTORY MANAGEMENT)
Persediaan :
•Merupakan sejumlah bahan-bahan, bagian-bagian yang disediakan dan bahan-bahan dalam proses yang terdapat dalam perusahaan untuk dilakukan proses produksi, serta barang-barang jadi (produk jadi) yang disediakan untuk memenuhi permintaan dari pelanggan setiap waktu
4. Komunikasi logistik (LOGISTICS COMMUNICATION)
Komunikasi merupakan jaringan utama diantara seluruh proses logistik dan pelanggan perusahaan.
•Komunikasi yang akurat dan pada saat yang tepat merupakan dasar dari keberhasilan manajemen logistik.
Komunikasi logistik yang efektif harus berlangsung dalam :
•Fungsi utama dalam organisasi  logistik, produksi, keuangan, pemasaran
•Berbagai jenis aspek dari tiap aktivitas logistik  koordinasi gudang material, WIP, dan barang jadi.
•Berbagai anggota supply chain, seperti pelanggan / sub-supplier yang tidak langsung berhubungan dengan perusahaan.
5. Penanganan material (MATERIAL HANDLING)
Penanganan material berhubungan dengan setiap aspek gerakan atau aliran bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi dalam pabrik atau gudang.
6. Proses pemesanan (ORDER PROCESSING)
Komponen-komponen order processing :
•Elemen operasional (Operational Elements)
Meliputi pemasukan pesanan (order entry) atau perubahan pesanan, penjadwalan (schedulling), persiapan pengiriman pesanan dan pemfakturan (invoicing)
•Elemen komunikasi (Communication Elements)
Meliputi modifikasi pesanan, status pesanan, percepatan pesanan, koreksi kesalahan, dan permintaan informasi produk.
•Kredit dan elemen pengumpulan (Credit and Collection Elements)
Meliputi pemeriksaan kredit dan proses penerimaan atau pengumpulan rekening
7. Pengemasan (PACKAGING)
Fungsi pengemasan :
•Melindungi produk dari kerusakan ketika akan disimpan atau diangkut
•Pengemasan yang baik dapat memudahkan penyimpanan, serta pemindahan produk, sehingga mengurangi biaya penanganan material
•Dapat memudahkan dalam mengidentifikasikan produk dan material
Yang perlu diperhatikan :
•Dalam melakukan fungsinya, pengemasan memakan tempat dan waktu
8. Komponen-komponen dan pelayanan pendukung (PARTS AND SERVICE SUPPORT)
Salah satu aktivitas pemasaran dalam perusahaan adalah memberikan pelayanan pasca penjualan kepada pelanggan.
•Memiliki cadangan persediaan dan bagian-bagian pengganti sangat penting bagi aktivitas service dan perbaikan.
•Logistik bertanggung jawab meyakinkan bahwa cadangan persediaan dan bagian-bagian pengganti tersedia kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkannya.
Seleksi lokasi pabrik dan gudang (PLANT AND WAREHOUSE SITE SELECTION)
Pergudangan merupakan bagian yang penting dari semua sistem logistik, karena merupakan jaringan primer diantara produsen dan pelanggan yang digunakan untuk menyimpan persediaan selama seluruh bagian proses logistik berjalan.
Pembelian – Pengadaan (PURCHASING – PROCUREMENT)
Purchasing pada umumnya berhubungan dengan pembelian aktual material dan segala aktivitas yang berhubungan dengan proses pembelian.
•Sedangkan aktivitas procurement berhubungan dengan aktivitas strategik yang berhubungan dengan pengadaan.
Tujuan dari purchasing, antara lain adalah :
•Menjaga dan memperbaiki kualitas
•Menemukan atau mengembangkan kemampuan supplier
•Menstandarisasi dimana kemungkinan barang dibeli
•Mencapai keharmonisan hubungan kerja yang produktif dengan area fungsional lainnya dalam organisasi
•Menyempurnakan sasaran pembelian pada kemungkinan tingkat biaya administratif yang terendahSeleksi

9. Seleksi lokasi pabrik dan gudang (PLANT AND WAREHOUSE SITE SELECTION)
Pergudangan merupakan bagian yang penting dari semua sistem logistik, karena merupakan jaringan primer diantara produsen dan pelanggan yang digunakan untuk menyimpan persediaan selama seluruh bagian proses logistik berjalan.
10. Pembelian – Pengadaan (PURCHASING – PROCUREMENT)
11. REVERSE LOGISTICS
12. TRANPORTASI
13.PERGUDANGAN DAN PENYIMPANAN (WAREHOUSING AND STORAGE)

0 komentar:

Posting Komentar

blog ini baru di buat oleh Eko hariadi. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Apakah Blog saya ini sdh memenuhi syrat .....??

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites