CAMPUS THE RESUMEE

Minggu, 01 Januari 2012

PERILAKU DALAM BERORGANISASI

 Resume Pertemuan 10
Dosen : Sri Suhandiah,SS,MM

KEBIJAKAN TENTANG SDM

ANALISA PEKERJAAN


job analysis (analisa pekerjaan) yaitu
suatu pengembangan detail-detail tugas dlm suatu pekerjaan

Analisa pekerjaan mencakup:

1. job description (diskripsi pekerjaan)
yaitu apa yg hrs dilakukan, bagaimana melakukan-nya, & mengapa dilakukan suatu pekerjaan

2. job specification (spesifikasi pekerjaan)
yaitu kualifikasi minimum yg dibutuhkan utk me-laksanakan pekerjaan agar mendapatkan kesuksesan


PROSES SELEKSI

yaitu proses pemilihan seseorang dg kriteria ttt dr se-klp org yg potensial unk menempati suatu posisi/jabatan ttt

Cara melakukan seleksi:

1. Wawancara
cara ini sangat efektif krn dpt langsung mengenal keadaan calon karyawan
2. Tes tertulis
meliputi tes intelegensia, minat & bakat
3. Tes simulasi prestasi
  • work sampling (membuat replika pekerjaan utk mengevaluasi kemampuan prestasinya) 
  •   assessment centre (dirancang khusus utk mengevaluasi potensi manajerial)



PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN

Tujuan à meningkatkan keterampilan, meliputi:

  •  Keterampilan teknis
keterampilan dlm mengerjakan pekerjaan
  •  Keterampilan antar manusia (inter-personal)
keterampilan dlm membina hubn dg rekan kerja, dg bawahan & dg atasan
  •  Keterampilan memutuskan masalah
keterampilan menemukan kemudian memecahkan masalah yg mungkin timbul

Metode pelatihan bagi karyawan

1. On the job training
  •  Kary dihadapkan langsung dg pekerjaannya
  • Perputaran kerja sering pula dilakukan agar kary memiliki kemampuan menghadapi beberapa macam pekerjaan yg berbeda

2. Off the job training
Kary diberikan pelatihan melalui penjelasan di dlm kelas, menonton film, atau latihan simulasi


PENGEMBANGAN KARIR

Karir merupakan serangkaian kedudukan yg telah dicapai seseorang selama hidupnya

Tahapan karir seseorang dlm pekerjaan: 

1. Tahap penjelajahan
dimulai sejak awal usia kerja & diakhiri pd per-tengahan usia 20-an
2. Tahap pemantapan
saat seseorang telah mengerti & memahami pekerjaannya, serta menerimanya sbg suatu kenyataan
3. Tahap pertengahan karir
tahap ini ditandai dengan mulai munculnya  prestasi seseorang (antara usia 35-50-an)
4. Tahap akhir karir
tahap terakhir saat seseorang telah mantap & puas thdp pekerjaannya

Kegiatan pengembangan karir seseorang:

  •  Menetapkan tuj, aspirasi & harapan karir utk jangka waktu 5 (lima) th mendatang
  •  Memanfaatkan kesempatan yg ada agar tuj, aspirasi & harapan dpt terealisir
  •  Mengenal masa depan dg memperluas kesempatan
  •  Mengenal tingkatan karir yg lebih tinggi utk me-ngembangkan aktifitas baru atau mungkin pekerjaan baru yg dpt meramalkan perkembangan karir di masa depan
EVALUASI PRESTASI DAN UMPAN BALIK

1. Mempunyai tujuan utk:
- melihat performance
- mengetahui potensi
@ - menentukan imbalan

2. Evaluasi berkaitan dengan :
  •  promosi
  •  penempatan posisi
  •  identifikasi kebutuhan pelatihan & pengembangan
3. Evaluasi dpt dilakukan oleh:

  •  atasan langsung
  • rekan sekerja 
  • diri sendiri
  • bawahan langsung

4. Evaluasi mencakup
  • tugas individu
  • perilaku 
  • sifat kepribadian

5. Metode evaluasi prestasi
  •  Penulisan essay
dilakukan oleh diri sendiri dg menulis hal-hal yg berhubungan dg pekerjaannya

  •   Insiden kritis
mencatat perilaku kary dlm menangani pekerjaan pd saat kondisi kritis, apakah efektif atau tdk Perbandingan banyak orang

>   tingkat gugus tugas 
evaluasi yg menempatkan kary sbg bag dr gugus/klp

>      tingkat individu
melihat tingkatan hasil tugas individu dr yg terbaik hingga yg terburuk

>      perbandingan dengan sesamanya
membandingkan setiap pekerjaan yg dilakukan kary dg sesama rekan kerjanya & disimpulkan posisi rangkingnya
6. Masalah yg timbul waktu kegiatan evaluasi prestasi
  • Kriteria tunggal
evaluator hanya melihat satu hal saja & tdk mempertimbangkan hal yg lain shg hal/kriteria yg dievaluasi tsb harus benar-benar baik
  •   Kesalahan hallo
evaluator dlm memberikan evaluasi dipengaruhi oleh karakter menonjol dr kary tsb
  •   similarity error
dlm evaluasi kualitas, evaluator sering menggunakan pertimbangan khusus


Saran utk mengurangi masalah
-    menggunakan kriteria evaluasi yg beragam
melibatkan banyak evaluator
melakukan evaluasi dg selektif
melakukan pelatihan bagi tim evaluator



7. Umpan balik
Diperlukan agar kary mampu
-   menganalisa & mengevaluasi hasil kerja 
- mengaitkan hasil  evaluasi dg  kepuasan kerja






SISTEM IMBALAN
  •  Imbalan diberikan sesuai dg prestasi kerjanya
  •  Imbalan diberikan oleh 
-   perusahaan (intrinsic reward)
-   lingkungan (extrinsic reward)
  •  Imbalan berupa
-   kompensasi langsung maupun tidak  langsung
-   imbalan finansial maupun imbalan nonfinansial





0 komentar:

Posting Komentar

blog ini baru di buat oleh Eko hariadi. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Apakah Blog saya ini sdh memenuhi syrat .....??

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites